Keterkaitan Qodar Allah dengan kehendak & keinginan manusia.

Apakah arti beriman kepada taqdir ?

Artinya “pembenaran yang pasti bahwa setiap kebaikan dan keburukan terjadi karena taqdir dan qadha Allah, dan sesungguhnya Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya”.

Rosululloh S.A.W bersabda :

لَوْ أَنَّ اللهَ عَذَّبَ أَهْلَ سَمَاوَاتِهِ وَأَهْلَ أَرْضِهِ عَذَّبَهُمْ وَهُوَ غَيْرُ ظَالِمٍ لَهُمْ، وَلَوْ رَحِمَهُمْ كَانَتْ رَحْمَتُهُ خَيْرًا لَهُمْ مِنْ أَعْمَالِهِمْ، وَلَوْ أَنْفَقْتَ مِثْلَ أُحُدٍ ذَهَباً فيِ سَبِيْلِ اللهِ مَا قَبْلَهُ اللهُ مِنْكَ حَتَّى تُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ وَتَعْلَمَ أَنَّ مَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ، وَأَنَّ مَا أَخْطَأَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيْبَكَ وَلَوْمُتَّ عَلَى غَيْرِ هذَا لَدَخَلْتَ النَّارَ (أحمد وأبو داود)

“ Seandainya Allah menyiksa penduduk langit dan bumi, maka Adzab-Nya itu bukanlah kedzoliman terhadap mereka, begitu pula seandainya Allah memberikan Rahmat-Nya kepada mereka, maka Rahmat-Nya itu lebih baik dari amal kebajikan mereka sendiri. Seandainya engkau menafkahkan emas sebesar gunung Uhud di jalan Allah, maka Allah tidak akan menerimanya sampai engkau beriman kepada taqdir, dan engkau mengetahui bahwa apa yang menimpamu tidak mungkin meleset darimu, dan apa yang terluput darimu, tidak mungkin akan menimpamu. Kalau engkau meninggal dunia diatas selain keyakinan ini, niscaya engkau masuk neraka”. (HR. Ahmad & Abu Daud).

Keimanan kepada Qadar, mencakup 4 perkara :

  • Percaya bahwasanya Allah mengetahui segala sesuatu, baik secara global maupun rinci.
  • Percaya bahwasanya Allah telah menulis hal tersebut di dalam al Lauh al mahfuzh.

Nabi Muhammad S.A.W bersabda :

كَتَبَ اللهُ مَقَادِيْرَ الْخَلَائِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ بِخَمْسِيْنَ أَلْفَ سَنَةٍ (مسلم )

“Allah telah menulis taqdir semua makhluk lima puluh ribu tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi” (HR. Muslim).

  • Percaya kepada kehendak Allah yang berlaku yang tidak bisa ditolak oleh apapun juga, dan kekuasaan-Nya yang tidak bisa dikalahkan oleh apapun juga. Apa yang dikehendaki Allah pasti  terjadi, dan apa yang tidak dikehendaki-Nya tidak akan terjadi.
  • Percaya bahwa Allah lah Sang Maha Pencipta, yang menciptakan segala sesuatu, adapun selain Allah adalah makhluk ciptaan-Nya.

Setiap makhluk mempunyai kemampuan, kehendak dan keinginan yang hakiki, akan tetapi hal itu tidak keluar dari kehendak Allah.

Allah S.W.T berfirman :

وَمَا تَشَاءُوْنَ إِلّاَ أَنْ يَشَاءَ اللهُ

“Dan kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali bila dikehendaki Allah” (Al Insan : 30)

Dan Rosululloh S.A.W bersabda :

اعْمَلُوْا فَكُلٌّ مُيَسَّرٌ لِمَا خُلِقَ لَهُ (متفق عليه)

“Berbuatlah kalian semua, setiap orang dimudahkan kepada tujuan penciptaannya”. (Muttafaq Alaih).

Allah memberi kita akal fikiran, pendengaran dan penglihatan, untuk membedakan antara yang baik dan yang buruk. Apakah ada orang yang berakal mencuri, lalu berkata : “Allah telah menetapkan hal itu padaku”. Kalau dia berkata demikian, masyarakat tidak akan memaafkannya, bahkan akan dihukum, lalu dikatakan kepadanya, “Bahwa Allah juga telah mentakdirkan terhadap dirimu hukuman itu”. Barargumen dan berdalih dengan takdir tidak dibenarkan, bahkan hal tersebut merupakan pendustaan.

Allah Berfirman :

سَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ أَشْرَكُوْا لَوْ شَاءَ اللهُ مَا أَشْرَكْناَ وَلَا آبَاؤُنَا وَلاَ حَرَّمْناَ مِنْ شَيْءٍ كَذلِكَ كَذَّبَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ.

“Orang-orang yang mempersekutukan Allah, akan mengatakan : “Jika Allah menghendaki, niscaya kami dan bapak-bapak kami tidak mempersekutukan-Nya dan tidak (pula) kami mengharamkan barang sesuatu apapun”. Demikian pulalah orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (para rosul)”. (al an’am : 148).

About intanelwahdy

Graduate of International Islamic University Malaysia B.A In Islamic Studies. Member of Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia Branch Kaltara Member of Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tarakan
This entry was posted in Islamization. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s